WELCOME TO THE REAL BLOG
JIKA BUTUH PASSWORD atau BANTUAN, SMS di 083 851 123 234

Saturday, June 17, 2017

Siapa Saja Bisa Bikin Film


Pernahkah kamu membuat film? Ada sebagian orang yang sebenernya suka dan ingin membuat film, tapi masih ragu. Karena banyak anggapan bahwa membuat film itu sangat rumit dan butuh biaya yang besar. Bagaimana kita yang hanya masyarakat biasa, tidak punya bekal ilmu sinematografi bisa memproduksi film? Sekalipun hanya film pendek. Atau bagaimana bisa kita sebagai pelajar yang hanya memiliki uang dan alat terbatas bisa bikin film? Bagaimana kita semua bisa menuangkan ide kita ke dalam film?

Sekarang saya tanya, bagaimana sebuah karya bisa disebut sebagai karya "film"? Atau apa sih makna sederhana film itu?
Apakah kita harus membuat gambar gerak yang dengan teknis sedemikian rupa, baru bisa dikatakan itu adalah sebuah "film"?
Okelah, memang teknis, alat, properti, dll itu adalah hal-hal yang sangat mendukung atas tercapainya film yang berkualitas. Tapi bagaimana dengan kita yang tidak memiliki semua itu?
Apa semua orang akan mengerti dan menilai film itu hanya dari hal-hal tersebut?
Apa semua orang juga sampai mempedulikan tentang lighting, color grading, dll? Mungkin iya, untuk orang yang mengerti hal-hal tersebut, tapi untuk orang awam? Dan pertanyaannya, di dunia ini, banyak mana antara orang yang mengerti dunia sinematografi dan yang tidak?

Menurut saya sebagai orang awam, keberhasilan film itu tidak hanya dinilai dari segi teknis. Apalagi untuk pemula film-film indie. Yang terpenting adalah orang yang menonton bisa masuk dan menikmati film yang kita bikin, dan bisa memperoleh sesuatu setelah menonton film tersebut. Sekalipun itu produksinya hanya dengan kamera handphone biasa, software editing yang standar, properti sederhana, dan dana yang sangat minim. Jadi siapapun jangan takut menyalurkan ide melalui film.

Kalau memang semuanya (peralatan, properti, dana, dll.) mendukung dalam memproduksi film kamu, ya itu akan jauh lebih bagus.
Tapi kalau memang masih belum ada, yaudah, jangan tutup ide kamu untuk memproduksi film, sesuaikan saja dengan kemampuan dan sumber daya seadanya. Yakinlah, film kamu masih bisa dinikmati kok, asal kamu bikinnya dengan sepenuh hati. Percuma juga kalau teknis bagus, tapi ceritanya gak jelas. Ya kan?

Ayo bikin film! Semakin kita sering bikin film, semakin kita berpengalaman dan berkembang. Mari kita turut memajukan dunia perfilman Indonesia.
XOXO.

1 comment:

  1. From Denta: Siapa Saja Bisa Bikin Film >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    From Denta: Siapa Saja Bisa Bikin Film >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    From Denta: Siapa Saja Bisa Bikin Film >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK OK

    ReplyDelete