WELCOME TO THE REAL BLOG
JIKA BUTUH PASSWORD atau BANTUAN, SMS di 083 851 123 234

Sunday, July 6, 2014

Cara Mudah Membuat Materi Pengajaran Oral (Listening & Speaking)



            Dalam KBM (Kegitan Belajar Mengajar) bahasa Inggris ada 4 buah skill yang harus diajarkan. Itu adalah listening, speaking, reading dan writing. Atau kita juga bisa mengelompokkan 4 skill tersebut menjadi 2, yaitu oral (listening dan speaking) dan writen (reading dan writing).
            Dari kedua kelompok di atas, untuk mencari materi writen dinilai lebih mudah dibanding dengan materi oral. Karena kita memang sangat sering menjumpai materi-materi tertulis di berbagai sumber (media cetak maupun online). Di internet sendiri, sudah sangat banyak tersedia materi tertulis seperti teks reading, teks drama, teks percakapan, dll. Berbeda dengan oral. Kita sangat jarang dan sulit mencari. Bahkan di internet, sangat minim sumber yang menyediakan materi oral seperti suara percakapan, dll.
            Karena itu, kita mau tak mau harus membuat materi oral sendiri. Kita harus membuat audio untuk disuguhkan kepada siswa. Bagaimana caranya? Saya memiliki 2 macam cara untuk membuat materi oral atau audio, yaitu dengan cara merekam suara sendiri atau memanfaatkan software yang bisa merubah teks menjadi suara (salah satunya “Balabolka”). Tapi kedua cara tersebut, menurut saya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Berikut saya akan menjelaskan satu per satu.
            Yang pertama adalah merekam suara sendiri. Keunggulannya adalah cukup mudah, hanya membutuhkan recorder untuk merekam suara. Untuk percakapan, kita bisa meminta tolong pada teman kita untuk menjadi lawan bicara kita. Kalaupun tidak ada teman, kita juga bisa mengakalinya dengan sofware canggih bernama “Adobe Audition”. Sofware ini bisa digunakan untuk merubah suara dan kecepatan suara. Selain itu, sofware ini juga memiliki fitur-fitur yang canggih yang bertaraf internasional. Lepas dari software, kelemahan yang kita dapat pada cara pertama ini adalah tentang pronunciation. Mungkin ini tidak masalah jika kita sudah yakin pelafalan kita sudah benar sekali. Tapi jika ternyata kita salah, ini berarti kita telah mengajarkan hal yang salah pada siswa.
            Untuk cara yang kedua, tidak ada masalah dengan pronunciation karena sofware ini memproduksi suara yang sama persis dengan pembicara asli dari teks yang kita tuliskan. Tapi untuk pemula, saya nilai sofware ini agak rumit untuk mengeditnya. Sulit untuk membuat suara dalam bentuk percakapan.
            Nah, itulah yang dapat saya sampaikan. Dan dapat disimpulkan bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Berikut saya beri link untuk mendownload kedua software di atas:

Adobe Audition:


Balabolka

No comments:

Post a Comment