WELCOME TO THE REAL BLOG
JIKA BUTUH PASSWORD atau BANTUAN, SMS di 083 851 123 234

Friday, July 11, 2014

Ulangan Kreatif dan Canggih untuk Siswa



            “Hari ini ulangan? Soal lagi, soal lagi. Bosen!” Mungkin itulah yang terbesit di dalam otak para siswa. Jika kita menjadi guru, apa yang kita lakukan? “Cari jalan keluar!” Yaiyalah, tapi bukan itu, seharusnya sebelum itu kita harus melakukan sesuatu yang dinamakan “Kebingungan”. Hehehe... ^_^
            Bagaimana kita bisa mengukur kemampuan siswa tanpa menguji mereka? Ujian itu memang perlu. Tapi kita juga tak seharusnya memaksa siswa sehingga merasa tertekan dan jenuh.
            Solusinya, kita cari dulu alasan mengapa mereka merasa jenuh? Mungkin bisa karena cara kita menguji mereka yang serem ataupun monoton. Bosan karena selalu saja saat ulangan, kita menyuruh siswa duduk dengan terpisah-pisah, dan memberinya masing-masing 2 macam lembaran (1 lembar soal dan 1 lembar jawaban), kemudian memerintahkan menulis identitas siswa (nama, kelas, no. absen) di pojok kanan atas, tulis jawabannya saja dan lembar soal harus kembali dengan keadaan bersih. Satu lagi, kerjakan sendiri-sendiri! Aturan-aturan ini saya amati bukan hanya terjadi pada 1 mata pelajaran, tapi hampir semua seperti  matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dll.
            Sebagai guru di jaman yang canggih ini, dan biar jadi lebih kece, kita harus punya terobosan baru. Bisa sesekali kita memanfaatkan IT untuk mengajar atau menguji siswa. Sekarang kita bisa membuat soal atau kuis menggunakan software bernama “Wondershare QuizCreator”. Sofware ini memungkinkan kita untuk membuat bermacam-macam kuis, seperti pilihan ganda, salah benar, mencocokkan, mengisi kalimat rumpang, dll. Dengan menggunakan metode baru seperti ini, saya rasa siswa-siswa kita akan merasa lebih enjoy dan interested lantaran tampilan dan bentuk ulangan yang lebih menarik dari biasanya, yang tak hanya di lembaran kertas dan diketik.
            Sekian artikel dari saya, semoga berguna bagi guru-guru masa kini. Untuk mendownload software “Wondershare QuizCreator”, berikut saya berikan link-nya.

DOWNLOAD

No comments:

Post a Comment